Pages

Rabu, 26 September 2012

Tanaman Herbal Kategori "B"

BENGLE




Tanaman termasuk familia Zingiberaceae. Tumbuh pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, banyak ditanam orang di pekarangan, di pinggir halaman dekat pagar. Untuk pengembangbiakannya melalui potongan rimpang yang sudah cukup tua dan mempunyai mata tunas.
Nama lain :  bunglai (Jawa), panglai (Sunda), banglai (Sumatera) Tanaman ini mengandung : asam organik, mineral, lemak, gom, albuminoid, gula, juga ada damar yang pahit dan minyak terbang seperti sineol, pinen dan sesquiterpen-sesquiterpen.
Kegunaan :
Obat sakit perut: Daunnya direbus dalam air yang sudah mendidih selama lebih kurang 1/4 jam bersama-sama dengan merica, kemudian airnya diminum.
Asma, rematik, cacing gelang dan keremi: Rimpangnya direbus dalam air yang mendidih selama lebih kurang 1/2 jam, airnya diminum.
Demam bagi orang yang beru melahirkan: Rimpangnya ditumbuk dan dipergunakan sebagai obat kompres.(mrd)
 
 BELIMBING WULUH
Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) dikenal dengan berbagai daerah dengan nama yang berbeda, seperti: limeng, selimeng (Aceh), Selemeng (Gayo), asom belimbing, balimbingan (Batak), malimbi (Nias), balimbieng (Minangkabau), belimbing asam (Melayu), balimbing (Lampung), belimbing wuluh (jawa), calincing wulet (Sunda), bhalingbhing bulu (Madura).
Buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) yang ternyata kaya khasiat
Juga disebut blimbing buloh (Bali), limbi (Bima), libi (Sawu), balimbeng (Flores), belerang (Sangi), lumpias, rumpeasa dureng, wulidan, lopias, lembetue (Gorontalo), bainang (Makasar), calene (Bugis), takurela (Ambon), kerbol (Timor), malibi (Halmahera), uteke (Papua). Dalam bahasa Inggris dikela sebagai cucumber tree atau bilimbi. Sedangkan dalam bahasa latin disebut Averrhoa bilimbi.

0 komentar:

Posting Komentar